spot_img

Al-Baqarah Ayat 10 : Terjemah dan Tafsirnya

Al-Baqarah Ayat 10 – Pernahkan kalian mendengar hadits nabi saw yang berbunyi bahwa rumah yang tidak pernah terbacakan surat Al-Baqarah maka seperti kuburan?

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah –Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:

‏ لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sungguh syetan akan lari ketakutan dari rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya”. [HR. Muslim: 780]

Jadi jangan bosan-bosan membacakan surat Al-Baqarah di dalam rumah, lebih-lebih sampai khatam 30 juz rutin setiap bulannya.

Karena Surat Al-Baqarah banyak memiliki fadhilah, maka sangat sayang sekali kalau seorang muslim tidak faham isi kandungan dalam surat tersebut. Insyaallah Mengaji Islam akan mengupas tafsir surat Al-Baqarah per-ayat supaya kita bisa sama-sama belajar dan mencintai Al-Qur’an. Selamat membaca!

Baca juga artikel : Tafsir Surat Al-Baqarah 9

Table of Contents

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 10

فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ ٱللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌۢ بِمَا كَانُوا۟ يَكْذِبُونَ

Fī qulụbihim maraḍun fa zādahumullāhu maraḍā, wa lahum ‘ażābun alīmum bimā kānụ yakżibụn

“Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.” (QS. Al-Baqarah: 10)

Makna Kata

فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ : “Dalam hati mereka ada penyakit”. Menurut Imam As-Saddi, Ibnu Ishaq dan Ad-Dahhak adalah, dalam hati orang-orang munafik itu ada penyakit keraguan atau kemunafikan.

فَزَادَهُمُ ٱللَّهُ مَرَضًا : “lalu ditambah Allah penyakitnya”. Karena ada rasa ragu dan kemunafikan dalam hati orang munafik atas kebenaran Islam. Maka Allah tambah kemunafikan dalam hati mereka, sehingga bertambah dan menumpuk. Akhirnya meraka semakin jauh dari hidayah Allah dan mati dalam keadaan kafir.

Begitu juga dengan orang yang mereka beriman kepada Allah setulus hatinya. Maka Allah akan menambah keimanan mereka, sehingga semakin tebal dan kuat menghadapi cobaan dan godaan setan.

فَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا فَزَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّهُمْ يَسْتَبْشِرُوْنَ * وَاَمَّا الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا اِلٰى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوْا وَهُمْ كٰفِرُوْنَ

“Adapun orang-orang yang beriman, maka surah ini menambah imannya, dan mereka merasa gembira. Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit, maka (dengan surah itu) akan menambah kekafiran mereka yang telah ada dan mereka akan mati dalam keadaan kafir.” QS. At-Taubah: 124-125

Tafsir

Al-Baqarah ayat 10 menjelaskan bahwa dalam hati orang munafik ada keraguan kepada kebenaran Islam. Jadi ketika mereka bersyahadat itu tidak sepenuh hati dan tidak yakin. Sehingga dari keraguan ini lah menjadikan mereka lebih suka dengan menentang Islam dari pada melaksanakan syariatnya.

Dengan kemaksiatan dan pembangkanan mereka kepada Islam dan Rasulullah saw. Allah menambah penyakit hati mereka, sehingga menumpuk dan menutupi hidayah Allah.

Sebaliknya barang siapa yakin sepenuhnya dengan kebenaran Islam, maka Allah akan menambah petunjuk untuknya. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَٱلَّذِينَ ٱهْتَدَوْا۟ زَادَهُمْ هُدًى وَءَاتَىٰهُمْ تَقْوَىٰهُمْ

“Dan orang-orang yang mau menerima petunjuk, Allah menambah petunjuk kepada mereka dan memberikan balasan ketakwaannya.” QS. Muhammad: 17

وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌۢ بِمَا كَانُوا۟ يَكْذِبُونَ. Allah akan menyediakan siksa yang pedih kepada orang-orang munafik. Adzab neraka jahannam yang akan mereka dapatkan murni atas keasalah dan kebohongan yang telah mereka lakukan. Bukan Allah ingin berbuat dzalim kepada manusia.

Allah akan menempatkan orang munafik bersama dengan orang kafir di dalam neraka jahannam. Bahkan di ayat lain Allah akan memasukkan orang munafik dalam kerak neraka paling dasar.

اِنَّ اللّٰهَ جَامِعُ‌‌‌الۡمُنٰفِقِيۡنَ وَالۡكٰفِرِيۡنَ فِىۡ جَهَـنَّمَ جَمِيۡعَا

“Sungguh Allah pasti mengumpulkan orang-orang munafik dan orang kafir di dalam neraka jahannam semuanya.” QS. An-Nisa’: 140

إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

“Sungguh orang-orang munafik bedara di dasar paling dalam neraka, dan engkau tidak akan mendapati yang bisa menolong mereka.” QS. An-Nisa’: 145

Hikmah Al-Baqarah Ayat 10

Setelah kita kaji bersama terjemah dan tafsir surat Al-Baqarah ayat 10, berikut ini hikmah pelajaran hidup yang bisa kita ambil:

  1. Setiap keraguan dalam hati terhadap kebenaran Islam jika tidak dihilangkan, maka akan semakin menumpuk dan menutup pintu hidayah.
  2. Gambaran Allah menambah penyakit nifak dalam hati orang munafik adalah, mereka semakin suka dan mudah untuk menentang syariat Islam.
  3. Sebaliknya orang yang yakin setulusnya terhadap Islam, maka Allah akan menambah kekuatan iman dalam hatinya. Sehingga semangat menjalankan syariat Islam dan rela berkorman untuknya.
  4. Iman manusia memang kadang naik ataupun turun. Maka ketika merasa iman kita turun, langsung bergegas mendekat kepada Allah dengan mengamalkan ibadah atau dzikir.

Mudah-mudahan artikel tafsir surat Al-Baqarah ayat 10 ini menjadi teguran buat diri kita. Mari berusaha menjahui sifat-sifat kemunafikan dan waspada dengan musuh-musuh Allah yang menyerang dari dalam.

El Nino
El Ninohttps://www.mengajiislam.com
Pengajar pesantren tinggal di Kediri. Dilahirkan di dunia pada 17 Desember 1991. Riwayat pendidikan sudah 17 tahun hidup di pesantren menjadi santri dan pengurus. Tujuan mendirikan web mengajiislam.com untuk menjadi sarana berbagi ilmu yang telah saya pelajari di pondok dan menambah seduluran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

1,000FansSuka
50PengikutMengikuti
360PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles