spot_img

Robbi Habli Minassholihin : Artinya, Tulisan Arab, dan Doa Lainnya

Mengaji Islam – Menjadi orang tua adalah anugerah dan tanggung jawab besar. Salah satu kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan berkeluarga adalah memiliki anak yang sholeh. Anak sholeh tidak hanya menjadi penyejuk hati di dunia, tetapi juga akan mendoakan orang tuanya setelah mereka meninggal dunia. Dalam Islam, terdapat banyak doa yang diajarkan untuk memohon agar dikaruniai anak yang sholeh. Salah satunya adalah doa “Robbi Habli Minassholihin”. Artikel ini akan membahas tulisan Arab, artinya, dan beberapa doa lainnya yang bisa Anda pakai untuk minta anak yang sholeh.

Robbi Habli Minassholihin Tulisan Arab dan Artinya

“Robbi Habli Minassholihin” adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam ketika memohon kepada Allah agar diberikan keturunan yang sholeh. Doa ini terekam dalam Al-Qur’an pada surat As-Saffat ayat 100. Berikut adalah tulisan Arab dan artinya:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: “Wahai Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang sholeh.”

Nabi Ibrahim ‘alaihis salam berdoa demikian karena beliau dan istrinya, Sarah, telah lama menantikan keturunan. Setelah berdoa dengan penuh keyakinan, Allah mengabulkan doa beliau dengan mengaruniakan Nabi Ismail dari istri beliau yang lain, Hajar, dan kemudian Nabi Ishaq dari Sarah.

Poin-poin penting dari doa ini:

  1. Doa ini adalah permohonan langsung kepada Allah untuk mendapatkan keturunan yang sholeh.
  2. Doa ini diajarkan oleh salah satu nabi besar dalam Islam, menunjukkan betapa pentingnya berdoa untuk kebaikan anak-anak.
  3. Doa ini diabadikan dalam Al-Qur’an, yang berarti memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan penting untuk diamalkan.

Doa Meminta Anak Sholeh Selain Robbi Habli Minassholihin

Selain doa “Robbi Habli Minassholihin”, terdapat beberapa doa lain yang juga diajarkan dalam Al-Qur’an dan Hadits untuk memohon anak yang sholeh. Berikut beberapa di antaranya:

Doa Istri Imran Setelah Melahirkan Maryam

إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Sesungguhnya aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada-Mu dari setan yang terkutuk.” (Qs. Ali Imran: 36)

Doa Para Hamba Ar-Rahman

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami dari istri-istri dan keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (Qs. Al-Furqan: 74)

Doa Nabi Ibrahim ‘alaihis salam

اجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ

Artinya: “(Wahai Tuhanku) Jauhkanlah aku dan anak cucuku dari menyembah berhala.” (Qs. Ibrahim: 35)

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: “Wahai Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang mendirikan shalat. Wahai Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (Qs. Ibrahim: 40)

Doa Nabi Muhammad Saw. untuk Ibnu Abbas

اللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّينِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيلَ

Artinya: “Ya Allah, pahamkanlah dia dalam agama dan ajarkanlah dia tafsir (Al-Qur’an).” (Hr. Al-Bukhari)

Baca penjelasan lengkapnya pada artikel : Doa Allahumma Faqqihhu fiddin

Doa Nabi Zakariya ‘alaihis salam

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: “Wahai Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (Qs. Ali Imran: 38)

Keutamaan dan Manfaat Doa untuk Anak Sholeh

Berdoa untuk anak yang sholeh memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Meningkatkan Ketaqwaan

Berdoa secara rutin untuk anak sholeh menunjukkan ketaqwaan dan ketergantungan kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam urusan keluarga.

Menjadi Bekal di Akhirat

Anak yang sholeh akan terus mendoakan orang tuanya meskipun mereka telah tiada. Doa anak sholeh merupakan salah satu amal yang tidak terputus pahalanya.

Membangun Keluarga yang Harmonis

Anak yang sholeh akan menjadi penyejuk hati dan sumber kebahagiaan dalam keluarga. Mereka akan menghormati orang tua, taat beribadah, dan berakhlak mulia.

Mendapatkan Perlindungan dari Setan

Doa yang memohon perlindungan dari setan bagi keturunan akan membantu menjaga anak-anak dari godaan dan gangguan setan.

Poin-poin manfaat berdoa untuk anak sholeh:

  1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.
  2. Menjadi bekal amal jariyah bagi orang tua di akhirat.
  3. Menciptakan keluarga yang harmonis dan bahagia.
  4. Memberikan perlindungan dari gangguan setan.

Kesimpulan

Doa “Robbi Habli Minassholihin” dan doa-doa lainnya yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan Hadits adalah permohonan yang sangat penting bagi setiap orang tua yang menginginkan keturunan yang sholeh. Anak sholeh tidak hanya memberikan kebahagiaan di dunia, tetapi juga menjadi bekal pahala yang terus mengalir di akhirat. Oleh karena itu, selalu panjatkan doa-doa tersebut dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, serta iringi dengan usaha nyata dalam mendidik anak-anak sesuai dengan ajaran Islam. Semoga Allah mengaruniakan kepada kita semua keturunan yang sholeh dan sholehah. Aamiin.

El Nino
El Ninohttps://www.mengajiislam.com
Pengajar pesantren tinggal di Kediri. Dilahirkan di dunia pada 17 Desember 1991. Riwayat pendidikan sudah 17 tahun hidup di pesantren menjadi santri dan pengurus. Tujuan mendirikan web mengajiislam.com untuk menjadi sarana berbagi ilmu yang telah saya pelajari di pondok dan menambah seduluran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

1,000FansSuka
50PengikutMengikuti
360PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles