Wanita Yang Dilaknat Allah: Ini Sifat-Sifatnya

10 sifat wanita yang dilaknat Allah – Agama Islam sangat memuliakan wanita sampai-sampai Allah buatkan satu surat dengan nama النساء (wanita-wanita). Islam membuat aturan yang begitu sempurna untuk melindungi kaum wanita, sampai-sampai untuk bersafar harus ada mahram dari laki-laki yang menemaninya.

Tapi ada beberapa sifat buruk yang menyebabkan wanita mendapat laknat atau murka dari Allah. Kaum hawa wajib mengetahuinya, supaya bisa menjahui sifat-sifat tersebut:

Sifat-Sifat Wanita Yang Dilaknat Allah

10 sifat ini admin rangkum dengan menyertakan dalil-dalilnya supaya pembaca semakin yakin bahwa artikel ini bukan opini penulis.

Baca juga artikel tentang: Do’a setelah shalat yang dibiasakan oleh Nabi Muhammad saw

1. Wanita yang tidak mensyukuri pemberian suaminya

Seorang suami memang memiliki kewajiban untuk memberi nafkah lahir dan batin kepada istrinya. Bahkan ulama menjelaskan bahwa memberi makan hingga masuk ke dalam mulut istri adalah kewajiban suami.

Namun sebagai seorang istri tidak boleh menuntut lebih dari kemampuan suami. Istri harus bisa menerima berapapun pemberian suami selagi sang suami sudah berusaha semampunya.

Jika ada seorang istri tidak mensyukuri pemberian suami dan merasa kurang maka dia termasuk wanita yang dilaknat Allah sebagaimana riwayat hadits berikut:

Rasulullah saw bersabda:

لا ينظرُ اللَّهُ إلى امرأةٍ لا تشكُرُ لزوجِها وَهيَ لا تستَغني عنهُ

“Allah tidak akan melihat (dengan pandangan kasih sayang di akhirat) kepada wanita yang tidak bersyukur kepada suaminya, dan ia tidak merasa cukup dari pemberian suaminya” (HR. An Nasa’i no. 9086 dan Al Baihaqi Kitab Sunanul Kubra 7/294.)

2. Wanita yang suka mengadu domba

Seorang wanita terlahir untuk banyak bicara, tapi jika tidak berhati-hati bisa menyebabkan mereka berdosa dan mendapat murka Allah. Salah satu sifat yang dibenci oleh Allah adalah suka mengadu domba antar sodara.

Dari Hudzaifah, Rasulullah bersabda, “Tidak akan masuk surga orang yang suka namimah (adu domba).” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

3. Istri yang menggugat cerai tanpa alasan

Jika tidak mau menjadi wanita yang dilaknat Allah jangan pernah meminta cerai kepada suami tanpa alasan yang jelas (sesuai syariat Allah) sebagaimana sabda Rasulullah saw:

أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَاَلَتْ زَوْجَهَا الطَّلاَقَ مِنْ غَيْرِ بَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّةِ

“Jika ada wanita meminta cerai dari suaminya tanpa alasan yang jelas, maka haram baginya bau surga“ HR. Ahmad

4. Wanita yang berpakaian tipis dan ketat

Seluruh bagian tubuh wanita adalah aurat yang orang lain tidak boleh melihatnya kecuali suami. Maka kalau ada wanita yang berpakaian tipis atau ketat sehingga terlihat lekuk-lekuk tubuhnya oleh orang lain maka Allah murka padanya.

5. Wanita yang memakai wewangian dan berlenggak-lenggok.

Selain berpakaian tipis atau ketat, bejalan lenggak-lenggok menampakkan aurat lekuk tubuhnya juga salah satu sifat wanita yang dilaknat Allah.

6. Wanita yang kepalanya menyerupai punuk unta

Maksudnya adalah seorang wanita yang mengikat rambutnya hingga menjulang ke atas menyerupai punuk unta. Walaupun dia menutupinya dengan kerudung atau hijab maka tetap tidak boleh, karena tetap menampakkan auratnya.

Dalil dari sifat nomer 4, 5 dan 6 sebagaimana berikut:

Abu Hurairah ra, berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“2 sifat dari penghuni neraka yang belum pernah aku melihatnya: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia (suka menyiksa manusia) dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal baunya dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.” HR. Muslim no. 2128.

Baca juga Artikel : Islam kejawen menurut MUI

7. Wanita yang mengaku-mengaku marga selain ayahnya

Ada Hadits Rasulullah yang berbunyi:

مَنِ ادَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيْهِ أَوِ انْتَمَى إِلَى غَيْرِ مَوَالِيْهِ فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللهِ وَالْمَلاَئِكَةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ لاَ يَقْبَلُ اللهُ مِنْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَرْفاً وَلاَ عَدْلاً

“Barangsiapa yang mengaku ayah kepada selain ayahnya atau bersandar kepada yang bukan walinya, maka laknat Allah, juga para Malaikat dan semua manusia menimpa mereka, dan pada hari Kiamat, Allah tidak akan menerima dari mereka, baik yang fardhu maupun yang sunnah. Shahih Muslim no. 467 (1370)

Hadits ini melarang seseorang menasabkan dirinya kepada selain ayah kandungnya. Bagaimana keadaan ayah kandung maka seorang anak wajib benasab kepadanya.

8. Wanita yang menyemir rambutnya dengan warna hitam

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَكُونُ قَوْمٌ يَخْضِبُونَ فِي آخِرِ الزَّمَانِ بِالسَّوَادِ كَحَوَاصِلِ الْحَمَامِ لَا يَرِيحُونَ رَائِحَةَ الْجَنَّةِ

Dari Ibnu Abbas ia berkata, “Rasulullahsaw bersabda: “Pada akhir zaman nanti akan ada orang-orang yang mengecat rambutnya dengan warna hitam seperti warna mayoritas dada merpati, mereka tidak akan mendapat bau surga.” HR. Abu Dawud no. 3679

Pada dasarnya hukum mewarnai rambut dengan warna hitam itu haram bagi semua muslim yang laki-laki maupun perempuan.

9. Istri yang tidak taat kepada suaminya

Sifat wanita yang dilaknat Allah berikutnya hampir mirip dengan sifat yang pertama namun hal ini lebih kepada masalah ketaatan kepada suami. Islam mewajibkan kepada seorang istri untuk patuh kepada suami melebihi bapak kandungnya.

Dalam salah satu riwayat hadits Nabi saw juga menjelaskan bahwa kalau saja manusia boleh bersujud kepada manusia, maka seorang istri sangat pantas untuk bersujud kepada suaminya. Artinya ketaatan istri kepada suami adalah wajib mutlak kecuali dalam hal-hal yang haram.

Nah jika ada wanita yang tidak mau taat pada suaminya maka dia akan mendapat laknat Allah.

Rasulullah saw bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471.

Hadits ini menyebutkan bahwa kalau ada seorang wanita dia benar-benar taat kepada suaminya maka akan masuk surga dari pintu manapun yang dia mau.

Maka diambil pemahaman sebaliknya jika ada wanita tidak taat kepada suami maka dia tidak diperbolehkan masuk ke dalam surga. Wallahu A’lam

10. Wanita yang menyerupai laki-laki

Manusia tidak bisa menolak takdir Allah khusunya tentang jenis kelamin mereka. Terlahir laki-laki atau perempuan itu semua adalah ketetapan Allah dan ketetapan-Nya pasti terbaik untuk manusia.

Maka tugas manusia hanyalah bersyukur, menerima apa yang telah menjadi takdirnya. Haram bagi mereka merubah-rubah ciptaan Allah dalam hal ini merubah tampilan atau jenis kelamin.

Laki-laki haram berdandan atau merubah kelaminnya menjadi wanita dan begitu pula wanita haram hukumnya berdandan atau merubah kelaminnya menjadi laki-laki.

Ibnu ‘Abbas, ia berkata,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

“Rasulullah saw melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki”. HR. Bukhari, no. 5885

Toyyib itulah sobat muslim 10 sifat wanita yang dilaknat Allah, semoga bermanfaat dan pesan admin kepada seluruh muslimah di dunia “jahui 10 sifat tersebut semoga Allah menjadikan kalian wanita shalihah dan bahagia dengan suami kalian di dunia dan Akhirat”.

3 pemikiran pada “Wanita Yang Dilaknat Allah: Ini Sifat-Sifatnya”

Tinggalkan komentar