Allahumma Antas Salam wa Minkas Salam Tabarakta Yaa Dzal Jalali wal Ikram”: Arti dan Signifikansi Doa

Doa adalah cara untuk berhubungan dengan Tuhan, dan setiap umat beragama memiliki doa-doa khusus yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam agama Islam, salah satu doa yang sering digunakan adalah “Allahumma Antas Salam wa Minkas Salam Tabarakta Yaa Dzal Jalali wal Ikram” Doa ini memiliki arti yang sangat dalam dan signifikansi yang luar biasa bagi umat Muslim.

Table of Contents

Arti Doa

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Artinya

“Ya Allah Engkau Dzat Yang Maha Selamat dan dari Engkaulah Keselamatan Itu, Wahai Dzat Yang Maha Agung Lagi Yang Maha Memiliki Kemuliaan”

Baca juga artikel: Islam Kejawen Menurut MUI

Signifikansi Doa Allahumma antas salam wa minkas salam tabarokta ya dzaljalali walikrom

Doa “Allahumma Antas Salam wa Minkas Salam Tabarakta” memiliki beberapa signifikansi penting bagi umat Muslim. Pertama, doa ini mengingatkan kita bahwa segala sesuatu datang dari Allah dan hanya dengan memohon kepada-Nya kita dapat mendapatkan keselamatan. Kedua, doa ini mengingatkan kita bahwa keselamatan datang dari Allah dan tidak dari sumber lain. Ketiga, doa ini mengajak kita untuk selalu berdoa kepada Allah untuk keselamatan dalam segala hal.

Menurut hadits dari Rasulullah, beliau membiasakan do’a ini dibaca setelah shalat fardlu sebagai bacaan dzikir. Doa ini juga dapat dibaca pada saat sebelum tidur, atau saat-saat khusus lainnya.

Dalil Hadits

Dari riwayat Aisyah ra, menceritakan :

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَلَّمَ لَمْ يَقْعُدْ إِلَّا مِقْدَارَ مَا يَقُولُ: اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَفِي رِوَايَةِ ابْنِ نُمَيْرٍ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

“Adalah Rasulullah saw apabila selesai salam (selesai shalat), beliau tidak duduk kecuali sebatas membaca: (Allahumma antas salam wa minkas salam tabarokta ya dzaljalali walikrom” (H.R. Muslim 592).

Kesimpulan

Doa “Allahumma Antas Salam wa Minkas Salam Tabarakta” adalah doa yang sangat dalam dan memiliki signifikansi yang luar biasa bagi umat Muslim. Doa ini mengingatkan kita bahwa segala sesuatu datang dari Allah dan hanya dengan memohon kepada-Nya kita dapat mendapatkan keselamatan. Oleh karena itu, marilah kita selalu berdoa kepada Allah untuk keselamatan dalam segala hal.

Seboga artikel ini benar-benar bisa menambah wawasan kita tentang Islam dan kita semakin rutin membaca do’a ini di setiap waktu shalat kita sebagaiman yang Rasulullah contohkan.

Tinggalkan komentar