Do’a Sebelum Berhubungan Suami Istri

Do’a sebelum berhubungan suami istri adalah doa yang biasa dilakukan oleh pasangan suami istri sebelum melakukan hubungan seksual.

Do’a ini bertujuan untuk meminta pertolongan dan pertahanan dari Allah agar hubungan tersebut dilakukan dengan tulus dan sesuai dengan prinsip-prinsip agama.

Do’a ini juga bertujuan untuk memohon keberkahan dari Allah agar hubungan tersebut dapat menghasilkan keturunan yang sholeh atau sholehah.

Do’a sebelum berhubungan suami istri merupakan suatu bentuk pengakuan terhadap kebesaran Allah dan keberkahan-Nya dalam hidup kita.

Dengan berdo’a sebelum berhubungan seksual, kita mengakui bahwa segala sesuatu di dunia ini terjadi atas kehendak Allah dan bahwa kita memerlukan pertolongan-Nya dalam segala hal.

baca juga artikel: Do’a Agar Bisa Move On

Macam-Macam Do’a Sebelum Berhubungan Suami Istri Yang Diajarkan Nabi saw

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW, terdapat beberapa do’a yang dapat dilakukan oleh pasangan suami istri sebelum berhubungan seksual, yaitu:

  1. “Bismillah, Allahumma jannibna ash-shaitana wa jannibish-shaitana ma razaqtana” (Dengan nama Allah, Ya Allah, jauhkan kami dari setan dan jauhkan setan dari apa yang akan kami berikan kepada kami). (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. “Allahumma inni as-aluka khayra ma fi zaalika wa khayra ma ba’dahu” (Ya Allah, aku meminta kepada-Mu kebaikan yang ada dalam hal ini dan kebaikan setelahnya). (HR. Tirmidzi)
  3. “Allahumma inna nas’aluka fi hayati hadhihi wa ba’da mawtina ilm wa hikmata wa quwwata wa fadhlaka” (Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu dalam kehidupan ini dan setelah kematian ilmu, hikmah, kekuatan, dan keutamaan-Mu). (HR. Tirmidzi)

Do’a-do’a di atas dapat dilakukan oleh pasangan suami istri sebelum berhubungan seksual sebagai bentuk pengakuan terhadap kebesaran Allah dan keberkahan-Nya dalam hidup kita.

Do’a-do’a ini juga bertujuan untuk meminta pertolongan dan pertahanan dari Allah agar hubungan tersebut dilakukan dengan tulus dan sesuai dengan prinsip-prinsip agama, serta memohon keberkahan dari Allah agar hubungan tersebut dapat menghasilkan keturunan yang sholeh atau sholehah.

Baca juga artikel: Do’a Minta Jodoh Yang Baik

Keutamaan Do’a Sebelum Berhubungan Suami Istri

Ada beberapa keutamaan yang bisa didapat dari melakukan do’a sebelum berhubungan suami istri, antara lain:

  1. Meminta pertolongan dan pertahanan dari Allah agar hubungan tersebut dilakukan dengan tulus dan sesuai dengan prinsip-prinsip agama. Dengan berdo’a, kita meminta pertolongan dan pertahanan dari Allah agar tidak terjebak dalam hal-hal yang merugikan diri kita sendiri atau orang lain.
  2. Memohon keberkahan dari Allah agar hubungan tersebut dapat menghasilkan keturunan yang sholeh atau sholehah. Do’a ini bertujuan untuk meminta keberkahan dari Allah agar keturunan kita dapat menjadi orang yang taat dan patuh kepada agama, serta memiliki kepribadian yang baik.
  3. Menghindari kemungkinan terjadinya masalah-masalah dalam keluarga. Do’a sebelum berhubungan seksual juga bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah-masalah dalam keluarga, seperti kehamilan yang tidak diinginkan atau penyakit menular seksual. Dengan berdo’a, kita meminta pertolongan dan pertahanan dari Allah agar dapat menghindari masalah-masalah tersebut.
  4. Menambah kemesraan dan keharmonisan dalam keluarga. Melakukan doa sebelum berhubungan seksual juga dapat menambah kemesraan dan keharmonisan dalam keluarga, karena doa merupakan suatu bentuk komunikasi yang dapat mempererat ikatan suami istri.
  5. Menghargai dan menghormati pasangan. Melakukan doa sebelum berhubungan seksual juga merupakan bentuk menghargai dan menghormati pasangan, karena dengan berdo’a kita mengakui bahwa segala sesuatu di dunia ini terjadi atas kehendak Allah dan bahwa kita memerlukan pertolongan-Nya dalam segala hal. Do’a juga merupakan bentuk pengakuan terhadap kebesaran Allah dan keberkahan-Nya dalam hidup kita.

Secara keseluruhan, melakukan do’a sebelum berhubungan suami istri merupakan suatu kebiasaan yang baik dan dianjurkan dalam agama Islam, karena do’a tersebut dapat membantu kita dalam menjalankan hubungan suami istri dengan tulus dan sesuai dengan prinsip-prinsip agama, serta memohon keberkahan dari Allah agar hubungan tersebut dapat menghasilkan keturunan yang sholeh atau sholehah. Selain itu, doa juga dapat menambah kemesraan dan keharmonisan dalam keluarga, serta menghargai dan menghormati pasangan.

Satu pemikiran pada “Do’a Sebelum Berhubungan Suami Istri”

Tinggalkan komentar