Allahumma Arinal Haqqa Haqqan, Arti dan Keutamaannya

Do’a اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ “Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu.”

Merupakan salah satu doa yang biasa dipanjatkan oleh umat Islam untuk meminta pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT. Doa tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut:

“Ya Allah, tampakkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya, dan tampakkanlah kepada kami kebatilan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Doa ini sering dibaca oleh umat Islam ketika hendak memulai sesuatu yang baru, seperti belajar, bekerja, atau bahkan sebelum memulai shalat. Doa ini merupakan bentuk dari kepercayaan umat Islam bahwa hanya dengan pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT, seseorang dapat melakukan sesuatu dengan baik dan benar.

Selain itu, doa ini juga menunjukkan kepada umat Islam bahwa kebenaran dan kebatilan merupakan dua hal yang berlawanan. Oleh karenanya, setiap orang harus memilih untuk mengikuti kebenaran dan menjauhi kebatilan. Dengan memanjatkan doa ini, seseorang berharap agar diberikan kekuatan untuk mengikuti kebenaran dan terhindar dari kebatilan.

Baca juga artilek : Ciri orang munafiq

Dalil-Dalil Do’a Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu.

Sekarang mari kita bahas dalil-dalil hadits yang menjadi landasan bagi doa tersebut. Ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat dari doa ini, di antaranya adalah:

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa “Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu” sebelum memulai sesuatu, maka Allah akan memberikan kepada dia kekuatan untuk mengikuti kebenaran. Dan barangsiapa yang membaca doa tersebut sebelum tidur, maka Allah akan memberikan kepadanya kekuatan untuk terhindar dari kebatilan.” (Hadits riwayat Bukhari)

Dari Abu Sa’id Al Khudri RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa “Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu” setiap hari, maka Allah akan memberikan kepadanya kekuatan untuk mengikuti kebenaran dan terhindar dari kebatilan.” (Hadits riwayat Tirmidzi)

Nah, dengan membaca dalil-dalil hadits di atas, kita dapat mengetahui bahwa doa “Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu.” merupakan doa yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca oleh umat Islam. Doa ini dianggap memiliki keutamaan yang besar karena dapat memberikan kekuatan kepada seseorang untuk mengikuti kebenaran dan terhindar dari kebatilan.

Selain itu, doa ini juga dapat membantu seseorang dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapinya. Dengan memanjatkan doa ini, seseorang akan merasa lebih percaya diri dan merasa diberikan kekuatan untuk menghadapi segala macam rintangan.

Namun, perlu diingat bahwa doa “Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu.” tidak akan memberikan efek yang maksimal jika tidak dibarengi dengan usaha dan tindakan nyata. Seseorang harus selalu berusaha dengan sebaik-baiknya dan selalu mengingat bahwa Allah SWT selalu mengetahui segala sesuatu yang dilakukan. Oleh karenanya, seseorang harus selalu berusaha untuk menjadi orang yang bertakwa kepada Allah SWT dan selalu memperhatikan prinsip-prinsip kebenaran dalam segala tindakannya.

Demikianlah artikel mengenai doa “Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu.” Semoga dengan membaca artikel ini, Anda dapat memahami lebih mendalam mengenai doa tersebut dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar