Macam-Macam Bullying Guru Wajib Tahu

Macam-Macam Bullying – Beberapa hari terakhir ini media sosial dihebohkan dengan berita pembullyan atau penganiaan di lingkungan pesantren yang berujung kematian.

Pembullyan sering dilakukan oleh senior kepada juniornya atau yang kuat kepada yang lemah dengan motif yang bermacam-macam. Tapi apapun alasannya penganiaan atau pembullyan kepada siapapun tidak dibenarkan oleh agama dan hukum negara.

Mendengar kabar tersebut sangat miris bagi admin dan sebagian besar umat Muslim. Sebab kejadian pembullyan itu ada di lingkungan pesantren yang notabene adalah suatu wadah pendidikan karakter yang agamis.

Maka ini menjadi PR besar yang harus dibenahi bersama oleh para pendidik khususnya yang berkencimpung di dunia pesantren. Jumlah santri yang banyak otomatis pengawasan seorang ustadz atau pendidik harus lebih ekstra, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus pembullyan.

Maka seorang ustadz atau pendidik wajib tahu macam-macam bullying yang biasa terjadi di lingkungan sekolah atau pesantren. Dengan begitu ustadz bisa langsung mengambil tindakan untuk mencegah resiko yang lebih besar.

Toyyib berikut ini admin akan share macam-macam bullying yang terjadi di lingkungan sekolah atau pesantren. lanjut baca sampai akhir ya!

Baca juga artikel : Bullying menurut agama Islam

Table of Contents

Macam-Macam Bullying Di Lingkungan Sekolah

Admin berbagi informasi ini supaya kita sama-sama belajar dan bisa langsung mendeteksi benih-benih pembullyan yang ada di sekitar kita, terutama para ustadz atau guru.

Menurut beberapa ahli, macam-macam bullying yang sering dilakukan atau terjadi ada 3 macam yaitu; bullying fisik, bullying verbal dan bullying psycholog.

Baik admin ulas satu persatu 3 bullying di atas:

Bullying Fisik

Tindakan bullying atau penganiayaan dilakukan dengan kontak fisik (body contact) seperti menjambak, memukul, menendang, meludahi atau tindakan aniaya lain yang terjadi pada fisik korban.

Bullying Verbal

Pelaku melakukan bullying kepada korban secara verbal (melalui ucapan atau kata-kata). Fitnah, menghina, mengejek, berdehem dengan sinis, memberi julukan yang tidak pantas atau melontarkan kata-kata yang menyakiti dan mengganggu korban.

Bullying Psycholog

Tindakan bullying yang menyebabkan tekanan pada aspek kejiwaan atau perasaan korban. Contoh seperti mengintimidasi, melecehkan, mengucilkan, mendiamkan, memancing emosi dan tindakan-tindakan psikologis lainnya.

Sebagai seorang pendidik atau ustadz wajib tahu 3 macam bullying ini yang sering terjadi di lingkungan pendidikan. Pemantauan dan bimbingan pendidik harus terus berjalan continue supaya segala problem yang terjadi pada anak didik bisa segera teratasi.

Itulah beberapa ulasan macam-macam bullying yang admin rangkum semoga bisa menambah wawasan kita dan bisa memberi tindakan yang tepat terhadap pembullyan.

Tinggalkan komentar