3 Amal Jariyah Yang Bisa Kamu Kerjakan

Teman-teman sudah pada tahu belum ada amalan yang pahalanya akan terus mengalir walaupun sudah wafat. Iya amal jariyah namanya, jika kamu melakukan amalan tersebut maka pahalanya tidak akan berhenti walaupun kamu sudah meninggal dunia. Ada 3 amal jariyah yang Rasulullah saw ajarkan dalam hadits shahihnya.

Table of Contents

Hadits 3 Amal Jariyah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Dalam hadits itu Rasulullah saw menjelaskan bahwa pahala amal manusia akan berhenti ketika sudah meninggal dunia. Sebab orang yang sudah wafat tidak bisa lagi beramal atau melakukan sesuatu. Tapi ada 3 amal jariyah yang pahalanya tetap terus mengalir kepada orang yang melakukannya walaupun sudah wafat.

Yaitu sedekah jariyah, ilmu yang terus bermanfaat, dan anak shalih yang selalu mendo’akan orang tuanya. Dari 3 amal jariyah ini bila kamu bisa melakukannya insyaallah pahala tidak akan terhenti hingga hari kiamat.

Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah itu sama seperti sedekah-sedakah pada umumnya. Tapi yang membedakan adalah keawetan barang yang disedekahkan.

Semua sedekah itu pahalanya akan terus mengalir kepada orang yang bersedekah selagi wujud barang yang dia sedekahkan masih ada dan digunakan. Ketika barang tersebut belum digunakan atau sudah rusak dan tidak lagi dimanfaatkan maka pahalanya akan berhenti.

Jika ingin mendapat pahala sedekah yang terus mengalir tanpa henti, maka bersedekahlah dengan barang-barang yang terus bisa dimanfaatkan atau tidak mudah rusak. Seperti wakaf tanah, ikut menyumbang pembangunan masjid, pondok pesantren dan lain-lain.

Insyaallah jika masjid yang kita sumbang pembangunannya terus digunakan untuk ibadah, mengaji dan amal soleh lainnya maka pahala akan terus mengalir kepada kita.

Ilmu Yang Terus Memberi Manfaat

Ilmu yang bermanfaat menurut admin adalah salah satu dari 3 amal jariyah yang paling mudah untuk kita lakukan. Kenapa bisa begitu, sebab modalnya bukan harus punya harta untuk disedekahkan atau punya anak yang shalih.

Melainkan hanya butuh ilmu kebaikan yang kita ajarkan kepada orang lain sehingga dia mengamalkan ilmu tersebut. Contoh seperti seorang guru mengajarkan cara shalat atau membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar kepada muridnya.

Jika sang murid mempraktekkan ilmu yang dia dapat dari gurunya maka Allah akan memberikan pahala kepada guru yang mengajarinya tanpa mengurangi pahala amal murid tersebut.

Setiap kali murid membaca Al-Qur’an mempraktekkan ilmu dari gurunya maka pahala tilawah ayat Al-Qur’an juga akan mengalir kepada guru itu. Setiap kali murid shalat dengan baik dan benar hasil ajaran gurunya maka pahala shalat juga akan mengalir kepada sang guru tanpa mengurangi pahala murid yang mempraktekkan ilmu dari gurunya.

Maka jangan sungkan atau malas berbagi ilmu kepada teman atau sodaramu. Sebat setiap ilmu yang kamu sebarkan insyaallah berpotensi amal jariyah yang terus mengalir untuk dirimu.

Anak Shalih

Sebagaimana yang Rasulullah saw ajarkan bahwa anak adalah aset untuk kedua orang tuanya. Jika orang tua mendidik anak dengan ajaran Islam dan akhlaq Rasulullah saw, maka anak tersebut akan taat kepada Allah.

Sehingga selalu berbakti kepada orang tuanya dan terus mendo’akan kebaikan untuk mereka. Dari do’a dan kebaikan anak-anak yang shalih orang tua akan terus mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Selain menjadi asbab amal jariyah anak yang shalih akan menjadi perantara kedua orang tuanya masuk surga dan mendapat kemuliaan di dalamnya.

Akhir Kata

Kita bisa memilih dari 3 amal jariyah yang Rasulullah saw ajarkan, tapi jika memiliki kemampuan untuk melakukan semuanya itu lebih baik.

Intinya jangan pernah meremehkan sedekah walaupun itu kecil, jangan malu atau malas untuk berbagi ilmu dan didiklah anakmu supaya menjadi anak yang shalih dan tumbuh dalam ketaatan kepada Allah. Karena semua itu bisa menjadi amal jariyah untuk mu.

Itulah 3 amal jariyah yang Rasulullah sebutkan dalam haditsnya. Semoga bermanfaat dan kita bisa mengamalkannya. Yuk perbanyak amal untuk bekal akhirat kita!

Tinggalkan komentar