Do’a Bangun Tidur Lengkap Dengan Adab-Adabnya

Ketika manusia tidur setan akan mengganggunya supaya dia malas ketika bangun. Maka Rasulullah saw mengajarkan do’a bangun tidur serta adab-adabnya supaya bisa lepas dari gangguan setan.

Dalam satu riwayat hadits Rasulullah saw berkata:

 يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ. فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Setan mengikat tiga tali ikatan di atas tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur tiga ikatan, setan mengencangkan ikatan itu (sambil berkata): Malam masih panjang tidurlah!. Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Kemudian jika dia berwudhu maka lepaslah tali yang kedua, dan jika ia menegakkan shalat lepaslah satu ikatan yang terakhir, dan pada pagi harinya ia akan merasakan semangat dan jiwa yang tentram. Namun bila dia tidak melakukan  itu, maka pagi itu jiwanya tidak tentram dan ia merasa malas.” HR. Bukhari

Jadi jika ada rasa malas ketika hendak bangun tidur maka itu adalah godaan setan kita harus melawan dan jangan malah menurutinya.

Kita harus melepaskan tali ikatan yang setan buat kepada kita dengan membaca do’a bangun tidur dan mengamalkan ada-adabnya.

Do’a Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan. HR. Bukhari

Segera Berwudhu

Ketika sudah bangun dan berdo’a segeralah mengambil air wudhu, selain untuk melepas ikatan setan dan membersihkan hadats dari tubuh kita wudhu juga menyegarkan badan sehingga badan lebih terasa ringan dan tidak mengantuk lagi.

Shalat Tahajud

Tahajud adalah langkah terakhir untuk melepas ikatan ketiga yang setan buat untuk kita ketika tidur. Maka sudah menjadi keharusan untuk kita lakukan jika tidak dilakukan maka ikatan itu akan tetap ada dan menjadikan kita malas untuk beraktivitas.

Selain itu tahajud juga memberi banyak manfaat kepada siapa yang mau menunaikannya seperti mempermudah jalan rezeki. Silakan baca di artikel amalan-amalan pembuka pintu rezeki.

Tinggalkan komentar