Penyakit Thaun Dan Do’a Supaya Terhindar Darinya

Benarkah penyakit thaun di hadits adalah pandemi covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia ini? Sepertinya ada kemiripan antara keduanya tapi supaya kita tidak gagal faham, saya jelaskan apa itu thaun dan dalil-dalil haditsnya, Insyaaallah.

Table of Contents

Apa itu Penyakit Thaun

Thaun berasal dari bahasa Arab الطاعون dalam kamus Lisanul Arab kata thaun sama dengan waba’ yang artinya semua penyakit yang menular atau menyebar.

Di kamus lain kata thaun diartikan dengan penyakit cacar dan bernanah. Tapi menurut al Khalil dan ahli bahasa lainya kedua kata waba’ dan thaun tersebut memliki arti yang sama, yaitu semua penyakit yang menular.

Nah sekarang covid-19 apakah juga termasuk kategori thaun? Bisa jadi iya, sebab covid-19 juga termasuk wabah virus yang menular.

Hadits Thaun

Rasulullah saw pernah menyinggun masalah Thaun dalam hadits yang berbunyi:

عَنْ عَائِشَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، قَالَتْ سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، عَنِ الطَّاعُونِ فَأَخْبَرَنِي أَنَّهُ عَذَابٌ يَبْعَثُهُ اللَّهُ عَلَى مَنْ يَشَاءُ ، وَأَنَّ اللَّهَ جَعَلَهُ رَحْمَةً لِلْمُؤْمِنِينَ لَيْسَ مِنْ أَحَدٍ يَقَعُ الطَّاعُونُ فَيَمْكُثُ فِي بَلَدِهِ صَابِرًا مُحْتَسِبًا يَعْلَمُ أَنَّهُ لاَ يُصِيبُهُ إِلاَّ مَا كَتَبَ اللَّهُ لَهُ إِلاَّ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ شَهِيدٍ.

“Dari Siti Aisyah RA, ia berkata, Ia bertanya kepada Rasulullah SAW perihal thaun, lalu Rasulullah SAW memberitahukanku, ‘Zaman dulu thaun adalah azab yang dikirimkan Allah kepada siapa saja yang dikehendaki oleh-Nya, tetapi Allah menjadikannya sebagai rahmat bagi orang beriman. Tiada seseorang yang sedang tertimpa thaun, kemudian menahan diri di rumahnya dengan bersabar serta mengharapkan ridha ilahi seraya menyadari bahwa thaun tidak akan mengenainya selain karena telah menjadi ketentuan Allah untuknya, niscaya ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang mati syahid.” HR Ahmad

Hadits di atas menjelaskan bahwa thaun adalah penyakit yang Allah kirim, bisa mengenai siapa saja yang Ia kehendaki.

Jika satu daerah mengalami wabah penyakit maka hendaklah menahan diri di dalam rumah dan perbanyak do’a kepada Allah agar mendapat rahmat-Nya.

Bagi seorang muslim yang terkena thaun maka hendaklah bersabar karena Allah akan berikan padala baginya. Jika penyakit itu menyebabkan meniggal maka termasuk orang yang mati syahid.

baca juga artikel Hikmah-Hikmah dari penyakit

Do’a Agar Terhindar Dar Thaun

Mematuhi protokol kesehatan adalah bentuk ikhtiyar kita menghindari virus corona yang sedah mewabah di negeri kita tercinta.

Tapi jangan lupa bahwa kita masih punya Allah yang Maha Kuasa atas segalanya. Dia yang mehindupkan dan yang mematika, Dia yang memberi penyakit dan yang menyembuhkan.

Maka sebagai orang yang beriman wajib memohon dan bertawakal kepada Allah agar terhindar dari penyakit atau bahaya-bahaya yang lain.

berikut ini do’a yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

““Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit yang buruk.” HR. Abu Dawud

Semoga Allah jaga kita dari segala penyakit dan bahaya, serta selalu memberi kekuatan kepada kita untuk tepat istiqomah dalam ibadah dan aqidah.

Tinggalkan komentar