Manusia Imannya Luar Biasa Menurut Rasulullah

Semua orang pasti penasaran siapa sih manusia yang imannya luar biasa menurut Rasulullah saw. Pasti yang terbesit dalam pikiran kita adalah para Nabi dan Rasul kalau tidak ya pasti sahabat-sahabat Rasulullah saw.

Kalau mereka sudah tak dipungkiri kualitas iman pasti mumtas atau cumlaude. Seperti yang pernah Rasul saw sampaikan,

“Sebaik-baik generasi adalah generasiku (Nabi Muhammad saw dan para sahabat), Kemudian orang-orang sesudahnya (Para Tabi’in) dan kemudia adalah orang-orang sesudahnya (Tabi’ut Tabi’in).”

Bagaimana tidak mereka adalah manusia dengan iman luar biasa. Islam dimulai dan diperjuangkan oleh mereka hingga kini kita hanya tinggal meneruskan.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa manusia di masa kini juga bisa mempunyai level iman yang tinggi hingga Nabi saw juga takjub dan bangga padanya. Dalam suatu hadits diceritakan, Dari Amr bin Syu’aib dari Bapaknya dari Kakeknya berkata:

قال رسول الله أَيُّ الْخَلْقِ أَعْجَبُ إِلَيْكُمْ إِيْمَانًا قَالُوا المَلَائِكَةُ قَالَ وَمَا لَهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ وَهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ قَالُوْا فَالنَّبِيُّوْنَ قَالَ وَمَا لَهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ وَالوَحْيُ يَنْزِلُ عَلَيْهِمْ قَالُوا فَنَحْنُ قَالَ وَمَا لَكُمْ لَا تُؤْمِنُوْنَ وَأَنَا بَيْنَ أَظْهُرِكُمْ قَالَ: فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ إِنَّ أَعْجَبَ الخَلْقِ إِلَيَّ إِيْمَانًا لَقَوْمٍ يَكُوْنُوْنَ بَعْدَكُمْ يَجِدُوْنَ صُحُفًا فِيْهَا كِتَابٌ يُؤْمِنُوْنَ بِمَا فِيْها

Rasulullah saw bersabda:

“Siapakah makhluq yang paling menakjubkan imannya menurut kalian?” Para sahabat menjawab: “Malaikat.” Rasul menjawab: “(Tentu) para malaikat kenapa beriman? sedangkan mereka adalah makhluq yang dekat dengan Tuhannya.”

Sahabat pun menjawab lagi: “Para nabi.” Beliau menjawab: “(Tentu) bagaimana para nabi tidak beriman? Sedangkan wahyu telah diturunkan kepada mereka.”

Mereka menjawab: “Kalau begitu kami ya Rasulullah.” Jawa beliau: “(Tentu) bagaimana kalian tidak beriman? Sedangkan aku hidup di sekeliling kalian (berjuang bersama).”

Rasulullah saw pun memberitahukan siapa makhluk yang paling menakjubkan imannya, beliau bersabda: “Sunggu makhluq yang paling menakjubkan imanya menurutku adalah kaum yang datang setelah kalian. Mereka hanya mendapati lembaran-lembaran kitab dan mengimaninya (dengan sungguh-sungguh).” HR. Baihaqi

Rasul saw memang mengakui keimanan Malaikat, Para Nabi dan juga sahabat-sahabatnya. Hanya saja beliau sangat takjub dengan orang-orang yang tak pernah bertemu denganya tapi sangat percaya dan cinta kepada Rasulullah saw.

Sekarang siapa sih manusia yang tak bertemu Rasul saw tapi cinta kepadanya? Kalau bukan kita dan muslimin akhir zaman, yang tak pernah ketemu belau saiapa lagi gaes? Secara tidak langsung kita disebut oleh baginda Nabi saw dalam hadits itu.

Jika kita mau beriman kepada Allah dan cinta Ia dan Rasul-Nya melebihi cinta pada selainnya maka Nabi Muhammad saw akan takjub dengan keimanan kita. Insyaallah kita temasuk manusia yang imannya luar biasa menurut Rasulullah saw.

Jadi sudah jelas kan, yuk buktikan cinta kita kepada Rasulullah saw. Ikuti perintah dan jahui laranganya serta berusaha menjalankan sunah-sunahnya. Jangan lupa lantunkan shalawat kepada Rasul saw setiap hari untuk mendapat syafaatnya di akhirat nanti.

Allahumma shalli ala syayyidina Muhammad!

Jangan lupa share dan dukung Mengaji Islam.

Tinggalkan komentar