Keistimewaan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Pada artikel sebelumnya, Mengaji Islam telah membahas mujahadah (kesungguhan) ibadah Nabi saw ketika masuk pada 10 hari terakhir ramadhan. Ada apa dengan 10 terakhir ? Sampai-sampai beliau melakukan hal itu. Bila manusia paling mulia saja bermujahadah pasti ada keistimewaan di 10 hari terakhir ramadhan.

Secara logika orang yang sudah mulia di hadapan Allah pasti memiliki amalan yang istimewa dan hanya akan mencari yang istimewa-istimewa saja (keridhoan dan ampunan Allah). Apalagi ada yang sangat spesial dari Allah maka dia akan segera mengejarnya.

Allah itu Maha Pemurah bagi seluruh makhluk-Nya. Umat Nabi Muhammad saw diberi umur yang relatif pendek dibanding dengan umat-umat sebelumnya, kurang lebih 60 tahun. Dengan durasi umur seperti ini bila digunakan untuk menebus surga Allah pasti tidak akan sebanding, karena surga-Nya itu mahal.

Hanya rahmat dari-Nya yang bisa menebus surga. Karena Allah Maha Pengasih maka Ia beri kemudahan-kemudahan umat Rasulullah saw untuk mampu membeli surga. Maka diberikanlah keutamaan-keutamaan 10 hari terakhir ramadhan untuk orang-orang beriman.

Berikut ini keistimewaan 10 hari terakhir ramadhan yang disebutkan oleh Rasulullah saw:

1. Malam Lailatul Qadr

Kita pasti tidak asing lagi dengan lailatul qadr, malam yang akan melipatkan pahala seorang hamba hingga 1000 bulan atau lebih dikenal dengan malam seribu bulan. Walaupun kita tidak tahu pasti tanggal berapa malam ini ada tapi Nabi Muhammad saw telah memberi tanda-tanda datangnya.

َتَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2017)

Hadits ini menjelaskan bahwa malam lailatul qadr akan jatuh pada malam-malam ganjil 10 hari terakhir ramadhan. Sehingga beliau menganjurkan umatnya untuk bersungguh-sungguh mencarinya.

Sebab malam ini hanya sekali dalam setahun dan pahalanya berlipat-lipat hingga 1000 bulan. Malaikat turun untuk memberikan rahmat dan untuk mengabulkan setiap do’a-do’a orang beriman.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” QS Al-Qadr

2. Penutup Ramadhan

Rasulullah saw bersabda :

وَإِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالْخَوَاتِيمِ

“Sesungguhnya amalan tergantung pada penutupannya.” HR. Bukhari no. 6607

Memperhatikan akhiran dari setiap amal ibadah itu penting sebagaimana pentingnya juga memperhatikan niat di awal setiap amalan.

Jika amal awalnya bagus tapi akhirnya jelak maka akan mendapat nilai buruk. Layaknya penutupan akhir hidup manusia yang dinilai dari setiap akhir penutupan mereka, disebutkan dalam satu riwayat yang menceritakan:

 فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا

“Demi Allah yang tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia, sesungguhnya di antara kamu ada orang yang melakukan perbuatan ahli surga sehingga jarak antara dirinya dengan surga hanya tinggal sehasta, akan tetapi catatan mendahuluinya, akhirnya dia melakukan perbuatan ahli neraka, ia pun masuk ke neraka. Sesungguhnya di antara kamu ada orang yang melakukan perbuatan ahli neraka sehingga jarak antara dirinya dengan neraka hanya tinggal sehasta, akan tetapi catatan mendahuluinya, akhirnya dia melakukan perbuatan ahli surga, ia pun masuk ke surga” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat Mengaji Islam mari tekun beribadah di 10 terakhir ini karena lailatul qadar menanti ibadah dan do’a kita. Serta kita akan menutup bulan suci ini dengan ibadah yang power full maka sempurnalah ibadah ramadhan ini dengan cinta Allah yang power full pula, insyaallah.

3 pemikiran pada “Keistimewaan 10 Hari Terakhir Ramadhan”

Tinggalkan komentar