Shalat dan Sabar Pintu Pertolongan Allah

Cara yang paling ampuh untuk membuka pintu pertolongan Allah yaitu dengan shalat dan sabar. Karena dengan shalat manusia akan selalu dekat kepada Allah dan sabar menjadikan manusia kuat menjalani musibah yang dia alami.

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” QS Al-Baqarah 45

Kehidupan manusia sangat lengket dengan masalah, bahkan bisa dikatakan di mana ada kehidupan pasti ada masalah. Permasalahan-permasalahn ituharus dihadapi hingga tuntas. Allah Maha Tahu, tidak akan salah atau berlebihan ketika menguji hamba-Nya. Setiap cobaan yang diberikan, pasti mampu untuk diselesaikan oleh hamba-Nya.

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

“Allah tidak menguji jiwa seorang hamba melebihi batas kemampuannya.”

Janganlah pernah berburuk sangka kepada Allah ! Tiap kali musibah datang berkata “Allah tidak adil, jahat, tak peduli hamba-Nya dan lain-lain.” Ini adalah contoh ucapan orang yang tidak faham dengan penciptanya SWT. Setiap ujian pasti ada jalan keluar dan setiap keberhasilan menyelesaikan masalah, akan ditingkatkan derajatnya di hadapa Allah.

Allah telah berjanji dalam Al-Qur’an untuk membantu seorang hamba yang minta pada-Nya sebagaimana disebutkan pada ayat 45 QS. Al-Baqarah.

Baca juga amalah-amalan pembuka pintu rezeki

Bukalah pintu pertolongan dengan sabar, do’a dan shalat. Allah pasti akan menepati janji-Nya. ketika pertolongan Allah datang maka tak ada lagi yang bisa mengalahkan.

Rasulullah saw memberi contoh kepada umatnya untuk melakukan shalat dua rakaat sunah hajat, bila banyak masalah berdatangan untuk mendapatkan pertolongan Allah.

“Apa bila mendapat perkara maka beliau saw segera shalat.”

Tidak pantas bagi seorang muslim jika mendapat masalah mereka melampiaskan pada minum khomr atau hal-hal yang dilarang oleh Allah. Bukan malah mendapat solusi malah akan menambah banyak masalah. Allah semakin jauh dan akan murka kepadanya.

Rasulullah saw berpesan kepada Ibnu Abbas ra untuk selalu menjaga kedekatan harinya kepada Allah. Beliau bersabda: “Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapati-Nya di hadapanmu. Kenalilah Allah di saat senang, niscaya Allah mengenalmu di saat susah.”

Yuk perbaiki shalat supaya Allah mudahkan segala urusan kita dan rezeki kita dilimpahkan oleh-Nya.  

3 pemikiran pada “Shalat dan Sabar Pintu Pertolongan Allah”

Tinggalkan komentar