Rahasia Di Balik Perintah Sahur

Berkah Sahur

Mata masih berat, posisi PW dan udara dingin, membuat malas untuk bangkit dari ranjang. Ayah, ibu, adik, tak ketinggal aroma masakan yang lezat ikut menarik hidung supaya cepat bangun. Tapi badan ini serasa tak ada daya untuk bangun mengambil wudhu untuk shalat malam dan makan sahur. Lebih memilih melanjutkan gulat dengan bantal, guling dan selimut hangat. Mungkin ini kondisi yang sering dialami, karena kuatnya hawa nafsu untuk memilih tidur.

Sahabat ! Malas untuk makan sahur adalah perbuatan yang tak sesuai dengan perintah Rasulullah saw. beliau sangat menghasung umatnya untuk bersahur walaupun hanya denga air ataupun korma, sebab dalam makanan sahur ada berkah.

Dalam satu riwayat hadits menyebutkan :

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُحُوْرِ بَرَكَةً
“Sahurlah kalian,karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” HR. al-Bukhari, 1923 dan Muslim, 1095


Riwayat lain jugan menyebutkan 

السَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَمَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ
“Sahur, makannya adalah berkah. Maka, janganlah kalian tinggalkan, walaupun hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya, Allah dan Malaikat-Nya ber-shalawat kepada orang-orang yang sahur.” HR. Ahmad

Allah akan memberi berkah dan shalawat bagi orang-orang yang sahur. Yakin masih mau malas makan sahur ? Okay, saya akan memaparkan kenapa kita sangat dihasung untuk sahur ? Supaya antum semua semangat 45 kalau bangun sahur nanti. 

Cekidoooot

1. Sahur adalah makanan yang diberkahi oleh Allah.

Dalam satu hari tubuh kita membutuhkan asupan gizi dan nutrisi, untuk menjaga daya tahan tubuh. Maka dengan sahur lah nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama puasa bisa dipenuhi, supaya di tengah-tengah puasa, masih bisa beraktivitas dan tidak loyo. Orang yang sahur lebih cenderung aktiv harinya karena berkah dari Allah.


2. Allah dan malaikat akan bershalawat kepada orang-orang yang sahur.

Slain berkah, Allah juga akan memberikan shalawat kepada orang yang berpuasa dan sahur. (jadi apa ndak pengan dapat shala dari Allah dan malaikat)


3. Menyelisihi puasa orang-orang ahli kitab.

فَصْلُ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الكِتَابِ أَكْلَةُ السَحُوْر
“Yang membedakan puasa kita (muslim) dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” HR. Muslim
Setelah membaca paparan saya ini, antum pasti nanti SAHUR KHAN ? Rugi banget lo klo tidak sahur, berkah dan shalawat dari Allah dan malaikat hilang. Biar tidak berat bangun sahur, harus niat sungguh-sungguh dan do’a minta bantuan Allah untuk bisa bangu malam sebelum shubuh.
Okay segitu aja yang saya sampaikan hari ini semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Rahasia Di Balik Perintah Sahur”

Tinggalkan komentar